Berita

Kementerian Agama dukung transformasi IAIN Palu jadi UIN

Kementerian Agama Republik Indonesia mendukung upaya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, bertransformasi atau beralih status dari IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama.

“Kemenag dukung transformasi IAIN Palu menjadi UIN,” ucap Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, M Nur Kholis, di Palu , Sabtu.

Dukungan Kemenag terhadap IAIN Palu disampaikan Nur Kholis saat menyampaikan orasi ilmiah dalam rapat senat terbuka luar biasa wisuda sarjana S1 XXIV dan S2 VII tahun 2019 atau wisuda ketiga setelah setahun lebih tertimpa bencana gempa dan tsunami, berlangsung di IAIN Palu, Sabtu.

Kata Nur Kholis, Kemenag akan berjuang semaksimal mungkin menjadi penghubung terkait transformasi atau peralihan status antara IAIN Palu dan Kemenpan-RB di Jakarta.

Selain menyampaikan dukungan Kemenag terhadap upaya transformasi, Nur Kholis juga memotivasi alumni atau peserta wisuda .

Ia mengemukakan bahwa, proses wisuda hanyalah seremonial sebagai tanda berakhirnya proses belajar-mengajar di perguruan tinggi.

Tetapi, secara hakikat merupakan awal star para alumni belajar di masyarakat dengan mengabdikan diri.

Terkait hal itu Rektor IAIN Palu Prof Dr Sagaf Pettalongi dalam pesan almamater mengemukakan pembangunan kembali IAIN Palu  pascabencana tidak hanya berorientasi pada rekonstruksi fisik semata. Melainkan, juga berorientasi pengembangan.

“Pengembangan yang dimaksud adalah optimalisasi desain, tata ruang, serta sarana dan prasarana yang memenuhi standar peralihan status menuju UIN,” kata Prof Sagaf Pettalongi.

Transformasi menjadi UIN sangat penting. Karena, sebut Rektor tingginya tuntutan para pengguna jasa akan variasi program studi.

Maka, sudah saatnya IAIN Palu memperluas bidang keilmuan dan tidak membatasi diri pada program studi keagamaan saja.

“Atas dasar itu, IAIN Palu mengajukan proposal peralihan status menjadi UIN,” sebutnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat IAIN Palu akan divisitasi aspek kelayakannya oleh Kementerian Agama RI terkait upaya transformasi menjadi UIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *