Berita

IAIN PALU SAMBUT PERGANTIAN TAHUN DENGAN KHATAM QURAN

Palu (Humas-IAIN Palu) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah menyambut pergantian tahun 2019 ke tahun 2020 ini dengan mengkhatamkan Al QAl Qran 30 juz, berlangsung di kampus tersebut, di Palu, Selasa.

Khatam AL Quran merupakan program Mahad Aljamiah (pesantrennya IAIN Palu) yang digelar pada momen pergantian tahun, diikuti oleh mahasiswa utamanya penerima bidikmisi, pegawai administrasi, dosen dan pejabat di lingkungan kampus tersebut.

Selain khatam quran, juga digelar zikir, shalat berjamaah dan silaturahim untuk penguatan hubungan antarseluruh komponen civitas akademik.

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd mengemukakan boleh melaksanakan kegiatan dalam momentum pergantian tahun.

Wakil Ketua Umum MUI Sulteng itu mengatakan memang ada hadits yang cenderung digunakan orang sebagai dasar melarang tidak melaksanakan kegiatan dalam momentum pergantian tahun.

Hadits tersebut berbunyi “Man tasyabbaha biqaumin fahuwa minhum” dengan arti bahwa “Barang siapa yang meniru suatu kelompok, maka ia termasuk bagian kelompok itu secara tidak langsung”.

“Yang dimaksud man tasyabbaha oleh hadits itu ialah seperti yang dikerjakan kebanyakan orang dalam merayakan pergantian tahun. Seperti tiup-tiup terompet, berhura-hura, petasan dan seterusnya,” katanya.

Prof Sagaf menyatakan apa yang dilakukan oleh IAIN dalam menyambut tahun 2020, merupakan refleksi, perenungan, sekaligus untuk memperkuat spiritualitas.

“Ini sekaligus mensosialisasikan program Mahad Aljamiah, yaitu khatam quran, shalat, berzikir dan berdoa,” ujarnya.

Hal itu, menurut dia, sejalan dengan anjuran agama berdasarkan dalil yang berbunyi “sebaik-baik dari kamu, ialah yang memperlajari alquran”.

Prof Sagaf juga menghimbau kepada mahasiswa penerima bidikmisi semua angkatan untuk aktiv mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanalan oleh Mahad Aljamiah.

Mahad Aljamiah merupakan pondok pesantren Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) oleh Kementerian Agama. Di IAIN Palu, Mahad Aljamiah dilengkapi dengan sarana berupa rusunawa yang terlerak di Kelurahan Tipo, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu.