Berita

513 Peserta KKN IAIN Palu Diharap Bisa Selesaikan Masalah Pedesaan

513 Peserta KKN IAIN Palu mengikuti seremonial pelepasan berlangsung di IAIN Palu, Jumat (7/2/2020)

Humas IAIN Palu – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, mengimbau kepada 513 peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan VII Gelombang I Tahun 2020, agar bisa menyelesaikan masalah atau minimal mengurangi masalah yang ada di desa.

“Peserta KKN harus menyelesaikan masalah, bukan malah menambah masalay di desa,” ucap Prof Sagaf S Pettalongi saat melepas 513 peserta KKN, Jumat (7/2/2020).

Rektor meminta kepada peserta KKN untuk melakukan sesuatu yang berkesan di masyarakat, selama menjalani proses KKN.

Guru Besar Managemen Pendidikan itu mengemukakan hal itu dapat dilakukan, misalnya dengan memakmurkan masjid.

“Mahasiswa KKN kalau sudah tiba waktu sholat sudah harus ada di masjid, utamanya yang laki-laki. Jangan sampai masih berada di rumah, sementara waktu sholat sudah tiba,” ujarnya.

Di masjid, mahasiswa dapat mengaji, membaca barzanji, bahkan mengajarkan anak-anak di desa mengaji dan menghafal surah-surah dalam Alquran yang pendek.

Selain itu, juga bisa bertindak sebagai imam, muadzin, khatib dan seterusnya. Sehingga masjid bisa makmur.  

“Ini bisa menjadi kesan di masyarakat. Sehingga masyarakat nanti akan mencari kalian, ketika nanti hendak kembali ke kampus setelah KKN,” sebutnya.

Dia mengemukakan mahasiswa harus memahami betul bahwa KKN merupakan salah satu progran yang diharapkan dapat berdampak terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru lewat sosialisasi perguruan tinggi yang dilaksanakan dalam bentuk program KKN setiap posko.

Olehnya, ia menekankan, mahasiswa KKN harus menunjukkan ahlak yang baik di masyarakat, menjunjung tinggi adat istiadat dan budaya yang ada di masyarakat, serta tidak menambah masalag di lokasi KKN.

Daerah tujuan KKN kali ini yakni Kabupaten Poso, Tojo Unauna, Kabupaten Sigi dan Kota Palu dengan jumlah peserta sebanyak 513 mahasiswa.

KKN angkatan VII gelombang I tahun 2020 ini ditempat di 20 desa dari empat kecamatan di Kabupaten Poso, 32 desa di tiga kecamatan di Kabupaten Tojo Unauna, dan 18 desa dari tiga kecamatan di Kabupaten Sigi.

“Untuk Kota Palu mahasiswa KKN dijalani di kampus dan di lokasi rusunawa sebagai pesantrennya IAIN Palu di Kelurahan Tipo Kecamatan Ulujadi,” kata Ketua LP2M IAIN Palu Prof Asy’ari. Dia menambahkan mahasiswa akan menjalani proses KKN selama sebulan penuh mulai 10 Februari s/d 10 Maret 2020 dan panitia akan rutin mengontrol peserta.