Berita

IAIN Palu Tinggal Tunggu Keputusan Menpan RB dan Kepres Jadi UIN

Palu, Humas-IAIN Palu – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi mengatakan, pihaknya tinggal menunggu keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia (RI) dan Keputusan Presiden (Keppres) IAIN beralih menjadi Uilniversitas Islam Negeri (UIN) Palu.

“Persiapan sudah matang, baik syarat administrasi maupun sarana dan prasarana,” Kata Rektor IAIN palu

Rektor menyebut, bahwa dari syarat administrasi, IAIN sudah memiliki puluhan dosen bergelar doktor, begitu juga guru besar.

“Untuk sarana dan prasarana IAIN saat ini sudah representatif, dengan adanya ketambahan sarana dan prasarana yang ada di kampus 2 IAIN di Kabupaten Sigi,” ungkap Sagaf S Pettalongi saat ditemui diruangannya, Selasa (11/02/2020).

Sagaf menuturkan, terdapat sebelas Kampus yang mengajukan proposal permohonan rekomendasi IAIN ke UIN, namun sembilan kampus dinyatakan layak, salah satunya IAIN Palu.

“Diantara 9 kampus yang lolos untuk merubah status menjadi UIN 2 sudah dilakukan visitasi oleh Menpan jadi IAIN Palu tinggal menunggu giliran visitasi dari Menpan RB,” Jelas Sagaf.

Diketahui, sebelumnya, Menteri Agama telah menanda tangani persetujuan berkaitan peralihan status IAIN Palu menjadi UIN Palu.

“Insya Allah di tahun 2020 ini perguruan tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu sudah beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Palu,” tutup dia.