Berita Wakil Rektor 1

IAIN hadirkan Amin Abdullah bahas integrasi moderasi Islam-keilmuan

Guru Besar dalam Ilmu Filsafat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Dr Amin Abdullah menjadi pembicara/narasumber tunggal dalam kuliah umum dengan tema "merajut moderasi Islam berbasis integrasi ilmu, spiritual dan kearifan lokal", berlangsung di Aula Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palu, Sabt

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah menghadirkan Guru Besar dalam Ilmu Filsafat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Dr Amin Abdullah untuk membahas integrasi moderasi beragama khususnya moderasi Islam dan keilmuan.

“Kami memandang bahwa perlu ada integrasi moderasi agama atau moderasi Islam dalam setiap keilmuan di setiap program studi di tingkat perguruan tinggi,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu, Dr Abidin Djafar di Palu, Sabtu.

Prof Amin Abdullah dihadirkan oleh IAIN Palu dalam kegiatan kuliah umum semester genap tahun akademik 2019/2020 sebagai narasumber tunggal, dengan tema “merajut moderasi Islam berbasis integrasi ilmu, spiritual dan kearifan lokal”, berlangsung di Aula Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Palu, Sabtu (14/3).

Kepada Prof Amin Abdullah, Abidin mengemukakan penerapan konsep moderasi Islam telah dilaksanakan oleh IAIN Palu sejak satu tahun lalu.

Namun, akui dia, penerapan konsep itu dibutuhkan suatu kerangka lewat desain kurikulum, sehingga moderasi beragama dapat terintegrasi dengan seluruh mata kuliah yang ada di perguruan tinggi tersebut, untuk lebih memaksimalkan.

“Bahkan hingga saat ini IAIN Palu telah memiliki rumah moderasi beragama, rumah moderasi Islam yang pejabatnya telah dilantik dua pekan yang lalu. Kendalanya, kita belum memiliki acuan integrasi moderasi Islam dengan ilmu lainnya,” akui dia.

Karena itu, ia berharap Prof Amin Abdullah dapat memberikan pencerahan mengenai integrasi moderasi beragama, moderasi Islam dengan ilmu lainnya di tingkat perguruan tinggi, khususnya IAIN Palu.

Berkaitan dengan itu, Prof Amin Abdullah menegaskan konsep moderasi maksimal, bila terkoneksi atau terintegrasi dengan keilmuan lainnya.

“Moderasi hanya bisa diantar dengan integrasi ilmu,” kata dia.

Menurut dia, hingga saat ini, konsep moderasi belum sampai kesitu (belum terintegrasi dengan ilmu). Bahkan, proses pembelajaran dari setiap mata kuliah masih berjalan apa adanya, belum memperlihatkan satu inovasi pengembangan.

Karena itu, dibutuhkan metodolodi dalam pembelajaran yang didesain lewat kurikulum untuk mengintegrasikan moderasi dan ilmu lainnya.

“Maka IAIN Palu dalam upaya mengintegrasikan moderasi dengan ilmu, harus terus dimaksimalkan,” ujarnya.

Kuliah umum semester genap IAIN Palu tahun 2020 diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas dan tingkatan semester. Kuliah umum itu sebagai tanda dimulainya perkuliahan. Mulai Senin 16 Maret 2020, mahasiswa akan kembali menjalani/mengikuti proses perkuliahan.

Untuk Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, sebagian mahasiswanya akan menjalani proses perkuliahan di kampus dua, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi***

Sumber : Humas IAIN Palu