Berita

IAIN Palu mulai terapkan kembali senam sehat di era normal baru

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, kembali menerapkan program senam sehat setiap Jumat diikuti seluruh civitas akademik kampus tersebut, di era normal baru adanya pandemi virus corona COVID-19.

“Ini satu program mingguan yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kita bersama, apalagi di era pandemi corona jenis baru,” ucap Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Dr Kamaruddin, di Palu, Jumat.

Senam sehat setiap pekan, kata Kamaruddin, juga menjadi salah satu upaya dangkal terhadap virus corona. Karena itu, komponen civitas akademik dihimbau untuk rutin mengikuti senam tersebut.

Selain sebagai olahraga untuk meningkat imun, ia menyebut, senam sehat juga sebagai bentuk refresing, menyegarkan fikiran setelah empat hari melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai ASN di lingkungan IAIN Palu.

“Di satu sisi, dalam menghadapi situasi pandemi ini kita butuhkan daya imun yang kuat. Karena itu, kita butuh senam sehat sebagai bentuk refresing dan menyegarkan fikiran di situasi pandemi ini,” ujarnya.

Dia juga mengemukakan bahwa kegiatan itu termasuk sebagai bentuk upaya untuk menjalin silaturahim antar ASN di lingkungan IAIN Palu, yang bertujuan dapat melahirkan gagasan dan inovasi untuk menunjang capaian-capaian kinerja.

“Setelah senam sehat, bisa dilanjutkan dengan dialog-dialog, untuk memecahkan masalah yang kita hadapi bersama di masa pandemi ini. Hal ini agar melahirkan satu inovasi untuk mewujudkan kampus yang bermutu dan berdaya saing,” sebutnya.

IAIN Palu, lanjut dia, mendukung penuh langkah pemerintah pusat dan daerah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona jenis baru COVID-19. Salah satunya yakni menerapkan perkuliahan berbasis online.

“Langkah-langkah pencegahan virus corona, dilakukan oleh IAIN Palu dengan mengedepankan prokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah,” ujarnya