Berita

IAIN Palu perketat pencegahan COVID di ujian masuk PTKIN

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah memperketat pencegahan virus corona jenis baru (COVID-19) di dalam pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (UMPTKIN).

“Iya, karena ada peserta yang kemungkinan berasal dari luar Kota Palu dan dari luar Sulteng,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu, Dr H Abidin Djafar, di Palu, Kamis, terkait dengan ujian masuk bagi calon mahasiswa baru jalur pendaftaran UMPTKIN.

Kata Abidin Djafar, IAIN Palu menerapkan secara ketat prokol kesehatan pencagahan COVID-19, mulai dari jaga jarak, pemeriksanaan suhu tubuh, dan mewajibkan kepada calon mahasiswa baru menggunakan masker.

Selain itu, sebut dia, IAIN Palu juga menyediakan cairan handsanitizer, sabun cuci tangan, sehingga calon mahasiswa baru sebelum mengikuti ujian di dalam ruanga, terlebih dahulu melakukan pembersian tangan dengan cara mencuci tangan.

“Kami juga menyediakan cairan disinfektan, dan melakukan penyemrprotan ruangan dan sarana pendukung lainnya, dalam rangka pencegahan COVID-19,” sebutnya.

Bahkan, kata dia, setiap calon mahasiswa diberikan sarung tangan, saat menggunakan komputer yang tersedia di ruangan laboratorium komputer. Hal itu karena mahasiswa akan gunakan komputer tersebut secara bergantian.

“Terdapat 1.1145 calon mahasiswa baru jalur UMPTKIN yang akan mengikuti ujian, olehnya ada prokol kesehatan yang kami terapkan secara ketat untuk pencegahan COVID-19,” ujarnya.

Saat ini, urai dia, sedang berlangsung simulasi ujian bagi calon mahasiswa baru jalur UMPTKIN. Ujian dilaksanakan dalam tiga sesi per hari, menggunakan dua ruangan laboratorium komputer.

“Setiap ruangan diisi oleh 20 – 40 peserta, dalam tiga sesi meliputi pagi, siang dan sore,” urai dia.

Simulai ujian masuk bagi calon mahasiswa baru jalur pendaftaran UMPTKIN berlangsuung mulai tanggal 23 – 26 Juli 2020 di IAIN Palu. Simulasi ini bentuk inisiatif IAIN Palu yang bertujuan untuk memudahkan calon mahasiswa baru dalam proses ujian.