Berita

FTIK IAIN Palu perketat prokol kesehatan saat yudisium mahasiswa

Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, perketat penerapan prokol kesehatan pencegahan COVID-19 saat yudisum mahasiswa calon sarjana, sebagai bentuk upaya pencegahan COVID-19.

“Pelaksanaan yudisium dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19,” ucap Kepala Sub Bagian Akademik dan Alumni FTIK IAIN Palu, Muhdar Ibrahim, di Palu, Senin, terkait dengan yudisum mahasiswa di tengah pandemi COVID-19.

Kata Muhdar Ibrahim, dalam pelaksanaan yudisium mahasiswa diwajibkan mengenakan masker, dan jaga jarak antar satu dengan yang lain.

Mereka, sebut dia, sebelum masuk ruangan, perlu mencuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh, sebagai langkah mencegah penyebaran virus corona jenis baru itu.

Bahkan, ia menjelaskan, pelaksanaan yudisium mahasiswa dilaksanakan berkali-kali, hal itu agar mudah dikendalikan upaya pencegahan COVID dengan menerapkan prokol kesehatan secara maksimal.

“Jumlah mahasiswa yang telah melaksankaan ujian komprehensif 186 mahasiswa, yang sudah diyudisum sebanyak 55 mahasiswa,” ujarnya.

Yudisum, kata dia, tidak bisa dilaksanakan sekali dengan jumlah tersebut, mengingat adanya kemungkinan penyebaran virus corona jenis baru itu.

“Sehingga dilaksanakan beberapa kali, artinya jika jumlah mahasiswa sudah mencapai 10 orang yang telah selesai ujian skripsi, maka kami akan atur jadwal untuk yudisium,” ujarnya.

FTIK IAIN Palu menyudisium beberapa mahasiswa.
 

Dia menerangkan, dari 55 mahasiswa yang telah diyudisium terdapat 15 mahasiswa yang lulus dengan predikat cumlude dengan IPK mulai dari 3,50 hingga 4,00.

Dekan FTIK IAIN Palu Dr Moh Idhan mengemukakan terdapat beberapa mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 yang akan selesai tahun 2020 ini, menulis skripsi dalam bahasa asing Arab dan Inggris.

Mahasiswa yang menulis skripsi dalam bahasa Arab dan Inggris yang mereka yang menempuh pendidikan S1 pada jurusan Tadris Bahasa Inggris dan Tadris Bahasa Arab

“Iya ada beberapa, sebagian saat ini masih dalam proses ujian proposal skripsi,” sebutnya.

Data Bagian Tata Usaha FTIK menyebut bahwa sekitar 300 mahasiswa dari berbagai jurusan dan program studi pada fakultas tersebut, akan selesai tahun 2020 ini.*

Sumber : Humas IAIN Palu