Berita Rektor

Rektor IAIN Palu : Fakultas-lembaga dan unit segera laksanakan program

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menekankan kepada seluruh fakultas, lembaga dan unit untuk segera melaksanakan program, demi percepatan realisasi serapan anggaran tahun 2019 di tahun 2020 ini.

“Kalau tidak bisa dilaksanakan, maka segera mengajukan revisi. Meski revisi itu tidak baik,” ucap Prof Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu, Kamis, terkait dengan realisasi anggaran tahun 2019.

Prof Sagaf Pettalongi menekankan kepada fakultas, unit dan lembaga, bila tidak dapat melaksanakan program yang telah diprogramkan sebelumnya di semester awal dan dua tahun 2020 ini.

Maka sebaiknya, kata Prof Sagaf, segera mengajukan usulan revisi, agar anggaran yang telah dialokasikan tidak sia-sia, dan kembali ke negara.

Namun, bila direvisi, program yang hendak akan dilaksanakan pada semester dua atau triwulan III dan IV, harus tetap mengedepankan aspek kualitas.

“Sehingga substansi dari kegiatan tidak hanya seremonial,” ujarnya.

Rektor mengakui bahwa situasi pandemi ini menjadi satu dari sekian banyak kendala lambannya realisasi serapan anggaran.

“Kita dituntut produktiv, tapi di satu sisi kita harus waspada dengan pandemi virus corona jenis baru ini,” imbuhnya.

Pagu anggaran IAIN Palu tahun anggaran 2019 yang dilaksanakan tahun 2020 ini senilai Rp118 miliar lebih. Namun, terjadi penghematan di situasi pandemi COVID-19 sebanyak dua kali, sehingga pagu berkurang menjadi Rp113 miliar.

Pagu tersebut diperuntukkan antara lain meliputi belanja modal, belanja pegawai, bantuan sosial, fakultas, lembaga dan unit, pascasarjana, kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan.

Data Bagian Keuangan IAIN Palu mencatat per tanggal 28 Juli 2020 realisasi anggaran mencapai Rp38 miliar lebih, sisa dana Rp75 miliar lebih, dari total pagu Rp113 miliar lebih.

Sumber : Humas IAIN Palu