Berita Rektor

Rektor IAIN : Mahasiswa harus tonjolkan jati diri kampus

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettongi MPd meminta mahasiswa perguruan tinggi tersebut untuk menonjolkan jati diri kampus yang dipimpinnya.

“Saya sering menyebutnya dengan DNA. Nah, DNA inilah jati diri IAIN Palu, yang harus ditonjolkan oleh setiap komponen civitas akademik termasuk mahasiswa,” ucap Prof Sagaf Pettalongi, di Palu, Sabtu, saat membuka kegiatan mahasiswa untuk pengembangan SDM unggul dan berkualitas.

Salah satu penanda atau ciri khas mahasiswa IAIN Palu, kata Prof Sagaf yakni mampu dan menguasai baca serta menulis alquran.

Selain itu, mahasiswa juga harus serius melakukan pendalaman ilmu pengetahuan di masing-masing program studi, yang telah dipilih oleh mahasiswa sejak masuk di IAIN Palu.

“Pendalaman ini penting, karena berkaitan erat dan langsung dengan disiplin ilmu pengetahuan. Olehnya, harus fokus dalam program studi yang diambil, jangan pindah-pindah,” imbuhnya.

Prof Sagaf yang merupakan pakar managemen pendidikan, menerangkan bahwa dalam persaingan di erat saat ini, mahasiswa perlu mapan dalam aspek teknikal skill atau harus memiliki keahlian khusus.

“Iya, itu tadi. Keahlian khusus yang perlu dimiliki ialah menguasai disiplin ilmu sesuai dengan program studi yang dipilih, yang kemudiaan dikuatkan dengan penguatan jati diri IAIN Palu,” sebutnya.

Selain teknikal skill, mahasiswa IAIN Palu, kata Prof Sagaf, harus memiliki keterampilan  karakter, ahlak yang baik atau soft skill.

Soft skill penting dimiliki, sebab kecerdasan intelektual harus diikutkan dengan kecerdasan emosional dan moralitas.

“Iya, mahasiswa IAIN Palu itu harus memiliki akhlak yang baik, karakter yang bagus, sehingga antara intelektual dan moralitas seimbang,” ujarnya.

Terakhir, sebut Rektor, mahasiswa perlu memiliki kemampuan digital skill di era perkembangan teknologi dan informasi, yang saat ini berbasis digital.

Sumber : Humas IAIN Palu