Berita Rektor

IAIN Palu gelar kuliah umum semester ganjil secara daring cegah COVID

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, menggelar kuliah umum semester ganjil secara daring, dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

Kuliah umum smester ganjil atau smester gasal mengangkat tema tentang “membangun tradisi keilmuan melalui inovasi teknologi pembelajaran pada masyarakat pembelajar”.

“Tema ini relevan dengan kondisi adanya pandemi COVID-19, dimana masyarakat dituntu untuk meningkat kreatifitas dan inovasi agar mencari sumber belajar dengan pendekatan salah satunya taitu teknologi,” ungkap Rektor IAIN Palu, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi, saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan kuliah umum tersebut, di Palu, Senin.

Namun sumber-sumber pembelajaran di masa pandemi COVID-19, kata Prof Sagaf Pettalongi, harus melihat semua asepk bagi pembelajar yang mencari sumber.

Misalnya dari aspek informasi dan teknologi, yang di masa pandemi COVID-19, menjadi rujukan para pembelajar untuk mencari sumber pembelajaran.

“Ini harus melihat semua aspek untuk mengembangkan sumber pembelajaran, yang berdampak pada peningkatan kapasitas,” ujarnya.

Di masa normal baru pandemi COVID-19, kata dia, pembelajar dan seluruh komponen masyarakat, dituntut untuk terus mencari, bahkan harus menemukan sumber-sumber belajar, yang dapat menopang pembelajaran.

“Nah ini dibutuhkan kreatifitas, inovasi dari setiap para pembelajar untuk mendapatkan sumber dalam rangka pencerdasan diri dan peningkatan kualitas,” sebutnya.

IAIN Palu mengundang Sekretaris Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani sebagai pembicara utama. Kuliah umum diikuti oleh seluruh wakil-wakil rektor, dekan dan wakil dekan, tenaga administrasi dan mahasiswa strata satu, dua dan tiga.