Berita Rektor

FTIK IAIN Palu turunkan 472 mahasiswa ikuti PPL di pandemi COVID-19

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, menurunkan 472 mahasiswa untuk menjalani program praktik pengalaman lapangan (PPL), di masa normal baru pandemi COVID-19.

Kepala Bagian Tata Usaha FTIK IAIN Palu, Raodha, di Palu, Selasa, mengemukakan pelaksaan PPL akan berlangsung selama sebulan penuh, mulai dari 28 September – 30 Oktober 2020.

“Iya, saat ini peserta masih menjalani proses pembekalan yang berlangsung selama dua hari di IAIN Palu,” ucap Raodha terkait dengan pelaksanaan PPL mahasiswa FTIK.

Raodha menguraikan, 472 mahasiswa tersebut, akan ditempatkan di 35 sekolah yang ada di Kota Palu dan sekitarnya. Sekolah tersebut terdiri dari lima madrasyah aliyah, lima sekolah menengah atas (SMA), enam madrasyah tsanawiyah, delapan SMP, lima madrasyah ibtidaiyah/SD, enam TK/PAUD.

Sejauh ini, kata dia, pihak panitia pelaksana PPL telah melakukan koordinasi dengan sekolah-sekolah tersebut, yang akan menjadi tujuan penempatan mahasiswa untuk menjalani program PPL.

FTIK IAIN Palu, kata dia, mengimbau kepada mahasiswa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat, sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap virus tersebut.

Terkait dengan pelaksanaan PPL tersebut, Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd mengemukakan indikator dan muatan dalam pelaksanaan PPL di masa pandemi COVID-19, tidak berbeda jauh dengan PPL yang dilakukan sebelum adanya penyebaran COVID-19.

Olehnya, sebut dia, mahasiswa wajib untuk mengikuti PPL sebagai syarat untuk mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) demi meraih gelar strata satu atau sarjana.

“Di setiap fakultas ada SOP yang dibuat untuk menjadi rujukan dalam pelaksanaan PPL di dalamnya ada monitoring masing-masing pembimbing,” ujarnya.

Monitoring dan penilaian PPL, kata dia, juga dilakukan secara online oleh masing-masing fakultas dengan bersandar pada ketentuan yang telah ada.