Berita

Alumni IAIN Palu diharap beri sumbangsih atas pengembangan kampus

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, berharap alumninya bisa memberikan sumbangsih positif terhadap pengembangan kampus tersebut, di masa kini dan akan datang.

“Sebagai bagian dari keluarga besar IAIN Palu, para wisudawan dan wisudawati, diharapkan mampu memberikan sumbangsih positif bagi pengembangan lembaga ini di masa-masa mendatang,” imbuh Rektor IAIN Palu, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd saat menyampaikan pesan almamater, pada rapat senat terbuka wisuda S1 dan S2 di lingkungan IAIN Palu, Minggu.

Kata Prof Sagaf, alumni menjadi salah satu media penghubung antara IAIN Palu dengan masyarakat, yang nantinya dapat memberikan ide-ide dan pemikiran-pemikiran berharga bagi pengembangan IAIN Palu, sesuai dengan dinamika perkembangan sosial masyarakat.

Rektor menguraikan, dalam upaya pengembangan IAIN Palu telah ditetapkan rencana strategis lima tahun kedepan yang berkomitmen pada penguatan tata kelola kelembagaan dan kultur akademik, yang memberikan daya dukung optimal bagi pengembangan kajian Islam moderat.

Islam moderat yang dikembangkan berbasis pada integrasi ilmu yang menghilangkan dikotomi antara studi-studi saintifik dan keagamaan, berpijak pada nilai-nilai spiritual sebagai standar integritas moral, serta mengakomodir dan memelihara keragaman budaya sebagai perwujudan historis Islam,” sebut Prof Sagaf.

“Semua ini bagian dari ikhtiar mewujudkan visi IAIN Palu yakni mengembangkan kajian Islam moderat yang berbasis pada integrasi ilmu, spiritual dan kearifan lokal,” ujar Prof Sagaf.

Prof Sagaf juga mengajak kepada seluruh komponen civitas akademik IAIN Palu untuk saling bahu membahu, bergandengan tangan mengantarkan IAIN Palu menjadi perguruan tinggi yang berdaya saing dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berpijak pada integrasi ilmu, spiritual, kearifan lokal sehingga mampu mempertegas eksistensinya sebagai sentral kajian Islam moderat.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah melaksanakan wisuda sarjana strata satu (S1) dan dua (S2) dengan model drive thru untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Terdapat 271 peserta yang mengikuti prosesi wisuda tersebut di tengah pandemi COVID-19, dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang diterapkan secara ketat oleh IAIN Palu.