Berita Rektor

Mahasiswa IAIN Palu dibekali tentang KKN dari rumah kala pandemi COVID

Sebanyak 725 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, angkatan VIII gelombang I tahun 2020 mulai dibekali teknis pelaksanaan dan muatan dalam kuliah kerja nyata (KKN) dari rumah kala pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

“Pandemi COVID-19 telah memberikan efek yang cukup besar terhadap dunia pendidikan termasuk perguruan tinggi. Kegiatan KKN juga terkena imbas dari pandemi COVID-19,” ucap Ketua Panitia KKN Angkatan VIII Gelombang I Tahun 2020, Ismail Pangeran, di Palu, Selasa terkait dengan pelaksanaan pembekalan  KKN dari rumah, yang dilaksanakan secara during dan luring.

Ismail Pangeran mengemukakan, karena pandemi COVID-19, KKN hampir saja dibatalkan, mengingat KKN dilaksanakan melalui keterlibatan langsung mahasiswa di dalam ruang lingkungan masyarakat.

Bila dibatalkan, kata dia, maka potensi keterlambatan mahasiswa untuk menyelesaikan studi  cukup besar. Namun, pihak terkait, tidak menyerah dengan kondisi pandemi COVID-19.

“Berbagai upaya dan solusi dicoba untuk ditawarkan dan diterapkan agar semua proses belajar mengajar dan kegiatan-kegiatan pendukung dapat terus berjalan. Maka bekerja dari rumah, menjadi pilihan utama bagi civitas akademik IAIN Palu,” ungkap dia.

Sejatinya, sebut dia, KKN Angkatan VIII Gelombang I Tahun 2020  dilaksanakan di desa-desa di Provinsi Sulteng selama 30 hari, yaitu 24 November – 24 Desember 2020. Mengingat adanya pandemi COVID-19, maka KKN dilaksanakan dengan pola yang disebut KKN Dari Rumah (KKN-DR).

“Agar KKN yang dimaksud bisa terlaksana secara efektif, dan tepat sasaran serta memiliki bobot nilai yang bisa dikonversikan dengan bobot SKS pada semester berjalan, maka perlu adanya panduan,” kata dia.

Dia menambahkan, KKN-DR meliputi tiga komponen pertama, KKN-DR berbasis media sosial, KKN-DR berbasis pengabdian kepada masyarakat, dan KKN-DR berbasis produktivitas keilmuan.

Berkaitan dengan itu, Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd mengemukakan mahasiswa harus mengikuti KKN dari rumah yang telah dirancang oleh LP2M dan LPM.

“KKN menjadi satu syarat akademik untuk meraih gelar sarjana, karena itu wajib mahasiswa harus mengikutinya,” ujarnya.

Rektor meminta mahasiswa agar mengikuti dengan proses pembekalan, agar pelaksanaan KKN dari rumah benar-benar bisa diterapkan dan dijalankan oleh mahasiswa.** 

Sumber : Humas IAIN Palu