Berita Rektor

Rektor IAIN Palu lantik 18 pejabat administrasi ke jabatan fungsional

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Prof Sagaf S Pettalongi MPd melantik 18 pejabat administrasi ke jabatan fungsional tertentu, sebagai bentuk penyetaraan jabatan dan fungsi sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara nomor 28 tahun 2019, di IAIN Palu, Jumat.

“Penyederhanaan birokrasi di lingkungan Kementerian Agama khususnya di IAIN Palu memasuki babak baru, hari ini kami lantik 18  pejabat fungsional yang sebelumnya menjabat sebagai eselon III dan IV di IAIN Pal,” ucap Prof Sagaf Pettalongi.

Kata Prof Sagaf, penyetaraan jabatan administrasi ke fungsional merupakan satu langkah penyederhanaan birokrasi, yang berdampak terhadap pelayanan ke masyarakat dan seluruh komponen civitas akademik.

Karena itu, kata Prof Sagaf Pettalongi, pelantikan untuk penyetaraan jabatan, pada prinsipnya tidak mengurangi substansi dari tugas dan fungsi para ASN yang dilantik.

“Pelantikan ini bukan untuk membatasi inovasi dan kinerja, karena harus tetap melaksanakan tugas dan fungsi dengan tetap mengedepankan sinergitas dan inovasi dengan mendongkrak capaian pembangunan mutu dan daya saing akademis,” ujarnya.

Bagi pejabat fungsional ahli madya dan pejabat fungsional ahli muda yang dilantik, secara otomatis akan diberikan tugas dan fungsi koordinasi dan pengelolaan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya, tugas-tugas tersebut akan diatur kemudian dalam Keputusan Menteri Agama.

Berkaitan dengan itu, Analis Kepegawaian Ahli Muda Subbagian Organisasi, Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan IAIN Palu, Rafiuddin Ibrahim mengutarakan penyederhaan birokrasi itu telah melewati pertimbangan yang matang oleh pemerintah dan ditindaklanjuti oleh IAIN Palu.

“Sebagai Apatur Sipil Negara (ASN), tentu saja kita harus selalu patuh pada kebijakan pemerintah dan peraturan perundang-undangan yang berlak,” kata Rafiuddin.

Ia berharap jajaran ASN di lingkunga IAIN Palu senantiasa berikhtiar untuk selalu melaksanakan segala kebijakan terkait perubahan jabatan  ke fungsional yang lebih berkesesuain dengan tugas seperti  yang diamanahkan dalam pasal 4 Permenpan 28 tahun 2019 itu sudah dilakukan.

Pelantikan terhadap 18 ASN dari jabatan administrasi ke fungsional dilaksanakan secara online dan luar jaringan dengan tetap menerapkan prokes cegah COVID-19 secara ketat.

Kegiatan pelantikan tersebut di IAIN Palu  dilaksanakan dengan penuh khidmat dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Palu, dan dihadiri oleh para Wakil Rektor,  Kepala Biro AUAK dan Kabag umum dan pejabat Fakultas.