Berita

IAIN Palu siap terima asesor BAN-PT untuk akreditasi

Humas IAIN Palu – Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, menerima visitasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi program studi (prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

“Komponen FUAD dan IAIN Palu secara serentak dan bersama-sama menyambut tim asesor dari BAN-PT untuk visitasi akreditasi Prodi KPI,” ucap Dekan FUAD IAIN Palu Dr Lukman S Thahir di Palu, Senin.

Kata Lukman S Thahir, muatan penilaian dari tim asesor di antaranya mengenai kelengkapan dan akurasi data penyiaran (broadcating) dalam visitasi yang diselenggarakan oleh BAN-PT, untuk menilai Prodi KPI.

Selain itu, kata dia, tim asesor BAN-PT juga menilai mengenai penggunaan dan penerapan serta pengembangan informasi teknologi yang ada di Prodi KPI.

“Salah satu yang mendasar dalam penilaian oleh BAN-PT yaitu pengembangan IT, yaitu pengembangan informasi dan komunikasi berbasis teknologi, penggunaan IT dalam proses pembelajaran kepada mahasiswa. IAIN Palu lewat LP2M telah menerapkan model pembelajaran yang berbasis elektronik. Artinya bahawa IAIN Palu termasuk FUAD telah menerapkan dan melakukan pembelajaran berbasis teknologi,” sebutnya.

Dari sisi pembelajaran, kata Lukmas, FUAD telah menerapkan penggunaan teknologi (e-learning) apalagi di masa pandemi COVID-19. Hal itu telah disampaikan kepada tim asesor yang melakukan visitasi akreditasi Prodi KPI.

“Dan tim asesor juga tertarik dengan konsep pembelajaran yang diterapkan (e-learning) serta adanya dukungan sarana penyediaan data berbasis digital elektronik yang bekerjasama dengan salah satu vendor di Batam,” sebutnya.

Lukman Thahir mengaku telah menyampaikan dan menjelaskan kepada tim asesor BAN-PT terdiri dari Dr Ilyas Supena dan Dr Irwansyah mengenai seluruh dokumen borang yang menjadi penilaian dari visitasi akreditasi tersebut.

“Kami sudah presentasikan seluruh dokumen borang untuk kepentingan akreditasi prodi dan alhamdulillah mereka tim asesor sangat merespon positif,” ujarnya.

Karena itu, ia berharap Prodi KPI bisa naik nilainya setelah visitasi akreditasi dari tim BAN-PT dari B menjadi A.

Sumber : Humas IAIN Palu